Terminologi Pembelajaran
-->
TERMINOLOGI PEMBELAJARAN
(Suyono
& Haryono : 2011)
No
|
Terminologi
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Keterangan
|
1
|
Pendekatan
Pembalajarn
|
Latar pedagogis
dan psikologis yang dilandasi filosofi pendidikan tertentu yang dipilih agar
tujuan pembelajaran dapat didekati secara optimal
|
Pendekatan
CBSA, Pendekatan Keterampilan Proses, Pendekatan Salingtemas (sains,
lingkungan, Tekhnologi, dan Masyarakat), Pendekatan Kontekstual
|
Filosofi yang
digunakan adalah konstruktivisme dengan implementasi student
based learning
|
2
|
Strategi
Pembelajaran
|
Rangkaian
Kegiatan terkait dengan pengelolaan siswa, pengelolaan lingkungan belajar,
pengelolaan sumber belajar, dan penilaian untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
Colin marsh
(2005) hanya menetapkan dua macam strategi, yakni teacher contered dan
student contered
|
|
3
|
Metode
Pembelajaran
|
Langkah-langka
atau prosedur pembelajaran termasuk penilaian dalam rencana pembelajaran agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai
|
Metode
exprimen, metode diskusi, metode karyawisata, metode proyek, metode pembelajaran
kooperatif
|
Colin marsh
(2005) menganggap pengertian metode pembelajaran sama saja dengan strategi
pembelajaran
|
4
|
Model
Pembelajaran
|
Model yang
dipilih dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dilaksanakan dengan suatu sintaks (langkah-langkah
yang sistematis dan urut) tertentu.
|
||
5
|
Teknik
Pembelajaran
|
Implementasi
metode pembelajaran yang secara nyata berlangsung di dalam kelas, merupakan
kiat atau taktik untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
Teknik
percobaan berujung terbuka pada metode
eksprimen (open ended exprimen),
teknik deduktif dan teknik induktif
|
Merupakan
penjabaran dari strategi pembelajaran
|
Komentar
Posting Komentar